Home » » Keindahan Sakura yang Tumbuh Liar di Kota Waingapu

Keindahan Sakura yang Tumbuh Liar di Kota Waingapu


Bagi pecinta keindahan sakura, tidak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang. Di dalam negeri pun, tepatnya di Pulau Sumba, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, bisa ditemukan keindahan mekarnya buah cherry, sakura.


Keindahan sakura membuat sejumlah warga Indonesia yang pernah tinggal di Jepang, sengaja membawa bibit sakura untuk ditanam di Indonesia, seperti di Bali dan di Kebun Raya Cibodas. Namun, kenyataannya, sakura dapat dengan mudah ditemui karena tumbuh dimana saja.

Sakura di Pulau Sumba tumbuh secara liar di pinggir jalan-jalan di luar kota. Meskipun berada di daerah kering, pohon sakura ini tetap menebarkan aroma wangi seperti sakura yang ada di Jepang yang tumbuh di kawasan dingin.

Sakura di Sumba berbunga pada bulan Oktober, dan akan bertahan hingga bulan November, kemudian gugur. Ketika pohon bunga sakura gugur, warga yang tengah membangun rumah, memanfaatkan batang pohon sakura untuk dijadikan tiang. Warga juga senang memetik bunga sakura untuk dibawa ke rumah karena menebar harum. Warga senang mengambil bibit bunga sakura untuk dikembangbiakkan di lahan mereka.

1 komentar:

  1. Wow keren, ternyata di indonesia bunga sakura bisa tumbuh juga ya.

    BalasHapus