Home » » 10 Galaksi Termegah Yang Pernah Ditemukan

10 Galaksi Termegah Yang Pernah Ditemukan


1000 Unik - Galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu kosmik medium antarbintang, dan kemungkinan substansi hipotetis yang dikenal dengan materi gelap.

Kata galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias [γαλαξίας], yang berarti "susu," Tipe-tipe galaksi berkisar dari galaksi kerdil dengan sepuluh juta bintang hingga galaksi raksasa dengan satu triliunan bintang, semuanya mengorbit pada pusat galaksi.

Kemungkinan terdapat lebih dari 100 miliar galaksi pada alam semesta teramati. Sebagian besar galaksi berdiameter 1000 hingga 100.000 parsec dan biasanya dipisahkan oleh jarak yang dihitung dalam jutaan parsec (atau megaparsec).Ruang antar galaksi terisi dengan gas yang memiliki kerapatan massa kurang dari satu atom per meter kubik. Sebagian besar galaksi diorganisasikan ke dalam sebuah himpunan yang disebut klaster, untuk kemudian membentuk himpunan yang lebih besar yang disebut superklaster. Struktur yang lebih besar ini dikelilingi oleh ruang hampa di dalam alam semesta.

Berikut galaksi terindah yang pernah ditemukan manusia sampai saat ini :

1. Sombrero galaxy


Sombrero Galaxy (dikenal juga dengan sebutan M104 atau NGC 4594) adalah galaksi yang berbentuk spiral dimana lingkaran luarnya tampak lebih lebar dan terletak di susunan bintang Virgo. Sombrero mempunyai inti atom (pusat) yang terang, dan sebuah sentral berlubang besar yang berwarna hitam, dan partikel debu yang menarik perhatian di permukaan nya yang melereng.

Debu yang berwarna gelap dan lubang besar ini menjadikan galaxy ini di sebut seperti "topi sombrero" (mempunyai tepi yang lebar). Besarnya magnitude pada Sombrero (sekitar +9.0), menjadikannya mudah terlihat bahkan dengan teleskop biasa sekalipun. Dengan lubang yang besar dan jalur debu yang ada, menjadikan galaxy ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para profesional astronomer.

2. Black Eye Galaxy


Sebuah galaxy berbentuk spiral yang terletak dalam susunan bintang Coma Berenices, Messier 64, yang terkenal dengan sebutan galaxy "Black Eye" atau "Sleeping Beauty Galaxy,".

Black Eye Galaxy mempunyai ikatan hitam yang menakjubkan dalam menyerap debu yang berada di depan titik (nucleus) tersebut. Galaxy ini juga terkenal diantara astronomer amateur karena bentuknya yang dapat dengan mudah dilihat menggunakan teleskop kecil sekalipun.

3. 2MASX J00482185-2507365 occulting pair


The 2MASX J00482185-2507365 occulting pair (mempunyai pasangan yang tersembunyi) adalah sepasang galaxy yang saling beradu yang ditemukan di sekitar NGC 253, atau the Sculptor Galaxy. Kedua galaxy tersebut terletak agak jauh dr NGC 253, dengan latar belakang galaxy, 2MASX J00482185-2507365,yang jatuh di redshift z=0.06, sedangkan tampak depannya terletak diantara NGC 253 dan backgroundnya (0.0008 < z < 0.06).

Pasangan galaxy ini menerangi jalur distribusi debu galactic yang melebihi jangkauan galaxy spiral. Oleh karena itu debu yang melebihi batasan perbintangan tersebut menampakan area baru yang menjadi bahan pembelajaran para astronom.

Jangkauan debunya dapat 6 kali melebihi radius perbintangan di galaxy yang berbentuk siluet dalam gambaran HST yang berlawanan dengan sentral dan core latar belakang dari galaxy tersebut.

4. The Whirlpool Galaxy


The Whirlpool Galaxy juga dikenal dengan Messier 51a, M51a, atau NGC 5194, the Whirlpool Galaxy adalah grand-design spiral galaxy yang saling mempengaruhi, yang jauhnya sekitar 23 million light-years dalam susunan bintang Canes Venatici.Ini merupakan salah satu spiral galaxy yang terkenal di langit. The Whirlpool Galaxy dan temannya (NGC 5195) sangat mudah di teliti oleh para astronomer pemula, karena kedua galaxy ini dapat terlihat dengan teropong biasa.

5. Grand Spiral Galaxy


Grand Spiral Galaxy didominasi oleh jutaan bintang terang dan debu berwarna gelap, yang dapat terlihat dalam perputaran gravitasi yang mengelilingi area sekitar titik tengahnya. Sekelompok rintikan bintang berwarna biru terang dapat terlihat sepanjang jangkauan spiral ini, sedangkan jalur debu bewarna gelap antar bintang dapat terlihat berpercikan diantara mereka.

Banyak jumlah unsur yang tak terlihat yang belum kita ketahui - menembus unsur kegelapanlah untuk dapat menjelaskan tentang pergerakan-pergerakan yang dapat terlihat pada sisi luar galaxy ini.

6. Supernova 1987A


20 tahun yang lalu, para astronomi menemukan salah satu pecahan bintang paling terang yang berusia sekitar 400 tahun, sebuah bintang jatuh bernama Supernova 1987A. Gambar ini menunjukan keseluruhan wilayah sekitar supernova. Hal yang paling menarik dari gambar ini adalah adanya sebuah ring dengan lusinan noda terang.

Hal tersebut terjadi karena adanya sebuah guncangan gelombang yang dilepaskan dari bintang ini dan menghantam sepanjang wilayah pada bagian dalam cincin nya, gesekan ini menimbulkan panas hingga menyebabkan mereka bersinar.

Cincin yang berumur 1 tahun-cahaya tersebut kemungkinan pecahan dari bintang yang berumur 20.000 tahun lalu sebelum ia meledak. Dalam beberapa tahun yang akan datang, keseluruhan cincin akan terus bersinar karena adanya gesekan dengan kekuatanyang sangat besar.

Cincin yang bersinar tersebut, akan menjadi sumber cahaya bagi bintang-beintang lain disekelilingnya, hingga dapat memberikan astromer informasi baru tentang bagaimana bintang ini mengeluarkan materialnya pada saat terjadi ledakan tersebut.Gambar tersebut diambil pada bulan Desember 2006 dengan menggunakan "Hubble's Advanced Camera for Surveys". (Credit: NASA, ESA, and R. Kirshner; Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics)

7. Galaxy NGC 1512


Sebuah galaxy spiral yang melintang dan terletak sekitar 30 juta tahun-cahaya jauhnya terletak mengarah susunan bintang Horologium, Galaxy NGC 1512 sudah cukup terang utk dapat di lahat melalui teleskop amateur.

Pusat galaxy ini terkenal dengan sebutan "circumnuclear starburst ring", yaitu sebuah lingkaran menakjubkan yang berputar sekitar 2400 tahun-cahaya. Galaxy "starbursts" adalah awalan baru bagi terbentuknya bintang-bintang baru yang dapat d temukan di berbagai macam lingkungan galaxy.

8. Galaxy NGC 3370


Sebuah galaxy berdebu yang letaknya sekitar 98 juta tahun-cahaya jauhnya yang mengarah ke susunan bintang Leo, pusat dari NGC 3370 ini bagai menunjukkan sebuah lukisan jalur debu dan sebuah nucleus yang bentuknya tak biasa.

Pemandangan NGC 3370 didapat dari the Hubble Space Telescope yang menggunakan "Advanced Camera for Surveys" dengan ketajaman penglihatan yang luar biasa untuk mengidentifikasi perubahan tiap individu bintang Cepheid di galaxy. (Credit: NASA, The Hubble Heritage Team and A. Riess; STScI)

9. M81


Spiral galaxy M81 yang besar dan cantik, di sebelah utara susunan bintang Ursa Major ini adalah salah satu galaxy paling terang yang dapat terlihat dari langit planet bumi.

Pemandangan secara detail ini menunjukkan nucleus nya yang terang. Gambaran mengenai masa lalu nya yang tidak teratur menimbulkan sebuah jalur debu yang menarik yang menembus lurus disk nya, dari bawah dan kanan pusat galactic tersebut, lain halnya dengan M81's yang juga mempunyai fitur-fitur yang menarik perhatian.

Jalur debu yang tak teratur ini juga memperlambat pertemuan antara M81 dan M82. Penelitian akan unsur2 bintang dlm M81 (a.k.a NGC 3031) telah menghasilkan salah satu jarak yang kokoh bagi external galaxy yaitu -- 11.8 juta tahun-cahaya.

10. Hoag's Object


Sebuah galaxy yang tidak biasa dari jenis yang di kenal sebagai ring galaxy, penampilan dari Hoag's Object menarik perhatian para astronomer amatir dan profesional karena bentuk strukturnya yang unik. Apakah ini merupakan satu galaxy, atau justru dua galaxy? Pertanyaan ini muncul pd tahun 1950 ketika seorang astronomer, Art Hoag mengambil kesempatan mengamati objek extragalatic yang tidak biasa ini.

Pada bagian luar nya didominasi oleh kumpulan bintang biru yang terang, sedangkan bagian yang mendekati pusatnya terdapat sebuah bola bintang kemerahan yang sepertinya berumur lebih tua. Diantara kedua bagian tersebut terdapat jarak yang hampir seluruhnya gelap. Tentang terbentuknya object Hoag ini msh blm diketahui walau beberapa objek yang menyerupai kini sudah teridentifikasi dan sudah di beri label atas bentuknya.

Sumber: http://sekedar-tahu-aja.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar