Home » » 5 Jalan Kecil Paling Unik di Dunia

5 Jalan Kecil Paling Unik di Dunia

Ada ribuan jalan kecil di dunia yang dikenal karena pemandangan-pemandangan mengagumkan dan lingkungan alaminya, namun tidak begitu banyak jalan kecil yang dikenal karena uniknya. Banyak orang dari seluruh bagian dunia datang ke tempat-tempat tersebut untuk menikmati jalan-jalan kecil unik dan cantik tersebut.

1. Terowongan Wisteria, Jepang


Wisteria, (dikenal sebagai Fuji di Jepang), adalah tumbuhan menjalar berbunga di Jepang atau Japanese flowering vine. Di pertengahan April, tanaman-tanaman ini mulai mekar. Efeknya begitu menakjubkan. Efek Kemekarannya berwarna merah muda, ungu, kuning, dan merah. Taman aneh ini begitu inspiratif dan mempesona.

Gang bunga yang mempesona ini terkenal sebagai Wisteria Tunnel atau Terowongan Wisteria, yang terletak di Taman Kawachi Fuji (Kota Kitakyushu). Terowongan berkepanjangan 80 meter (260 kaki) dan dipenuhi oleh bunga-bungan Fuji berwarna putih, sedangkan terowongan Kingusari kuning membutuhkan beberapa tahun lagi untuk menjadi terowongan yang sebenarnya.

2. Jalan Kecil Danau Plitvice, Kroasia


Danau Plitvice di Taman Nasional Kroasia, yang telah dimasukkan ke dalam daftar Warisan Dunia di UNESCO sejak tahun 1979, telah diketahui luas karena memiliki enam belas danau dan air terjun kecilnya. Dengan tujuan membawa ekosistem hutan agar lebih dekat dengan para pengunjung dan mempromosikan nilai-nilai alam dari taman tersebut, maka jalan-jalan kecil rekreasi edukatif ini telah dibuka: “Plitvica” yang panjangnya 9 km dan “Corkovola Uvala” yang panjangnya 21 km. 

Jalan-jalan kecil tersebut ditandai dengan pos-pos tanda dakian dan arah panah yang harus diikuti sesuai aturan-aturan Taman ini. Dengan bantuan para pemandu setempat dan billboard informasi yang telah dipasang di sepanjang kedua jalan kecil ini, para pengunjung diberi kesempatan untuk mengetahui kekayaan dari keaneka ragaman biologis dari Taman Nasional tersebut.

3. Jalan Bambu, Jepang


Belukar Bambu Sagano terletak di area Sagano Arashiyama di kota Kyoto (sekitar 25 menit dari Kyoto pusat). Merupakan hutan cantik dengan satu jalan kecil melewati jantungnya. Pagar-pagar di pinggir jalan tersebut masih terbuat dari ranting dari tangkai bambu yang jatuh seperti yang biasa ada di tanah Jepang. 

Jalan yang memotong belukar-belukar bambu ini sangat nyaman untuk pejalan kaki dan pesepeda. Belukar-belukar ini sangat atraktif ketika angin sepoi-sepoi menerpa tangkai bambu sehingga bergoyang lembut. Spot-spotnya sangat bagus sekali untuk difoto dan masih jauh dari keramaian turis.

4. Terowongan Cinta, Ukraina


Salah satu terowongan paling indah di dunia dapat ditemukan dekat kota Klevan di Ukraina – Terowongan Cinta. Nyatanya, terwongan ini adalah terowongan kereta api yang penuh dengan pepohonan. Terowongan ini merupakan daya tarik utama di kota ini dan juga salah satu tempat tercantik di Ukraina. 

Selama musim panas, pohon-pohon yang ditanam saling bersebelahan membentuk sebuah terowongan hijau yang magis di sepanjang satu kilometer di rel kereta api tersebut. Tidak banyak orang yang tahu banyak tentang terowongan ini, atau tidak pernah mendengar sama sekali, makanya terowongan ini tetap menjadi rahasia.

5. Anak Tangga Haiku, Hawai


Anak tangga Haʻikū adalah sebuah jalan kecil dakian yang terjal di pulau Oʻahu, Hawaii. Anak tangga ini terkenal memiliki 3922 anak tangga yang menanjak ke puncak gunung Koolau. Anak tangga ini menanjak sampai 2800 kaki (850 meter) dari dasar Lembah Haiku sampai ke puncak Puu Keahi a Kahoe.

Tanjakannya begitu terjal sampai-sampai anak tangga kadang menghilang ke dalam awan-awan yang menyelimuti puncak-puncak tajam. Itulah mengapa beberapa orang menyebutnya Anak Tangga Haiku “Anak Tangga menuju Langit.” Petualangan pendakian di sana sangat popular karena mudah diakses, dan dapat menjadi petualangan yang memicu adrenalin bagi mereka yang tidak takut ketinggian.

0 komentar:

Poskan Komentar