Home » » Siklus Menstruasi Pengaruhi Kesehatan Oral

Siklus Menstruasi Pengaruhi Kesehatan Oral

Sudah rajin membersihkan mulut tapi sering mengalami gusi sensitif atau bengkak tiba-tiba? Tim peneliti Case Western University mengungkap bahwa perubahan kadar hormon dalam tubuh dapat memengaruhi kesehatan mulut.

 

Wanita mungkin paling merasakan kondisi itu terkait siklus menstruasi. Itulah mengapa wanita lebih rentan mengalami gangguan mulut, meskipun cenderung lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut dibandingkan pria.

"Jaringan gingiva memiliki banyak reseptor estrogen yang merespons fluktuasi hormonal. Akibatnya, Anda mungkin melihat gejala di mulut terkait siklus menstruasi," kata Susan Karabin, mantan presiden American Academy of Periodontology, dikutip Women's Health.

Yang paling terasa, sekitar dua hari menjelang menstruasi. Sensitivitas di area mulut biasanya memburuk. "Tingkat estrogen yang tinggi beberapa hari sebelum haid dapat menyebabkan pembengkakan gusi dan peradangan," ujarnya.

Atas temuan itu, Karabin merekomendasikan jadwal terbaik pergi ke dokter gigi adalah setelah menstruasi. Ini karena kadar hormon sudah menurun sehingga mengurangi sensitivitas atau rasa tak nyaman yang muncul akibat tindakan dokter.


Sumber :http://life.viva.co.id/news/read/331832-siklus-menstruasi-pengaruhi-kesehatan-oral

0 komentar:

Poskan Komentar