Home » » Kapal Selam Antiradar Rp 1,77 Triliun

Kapal Selam Antiradar Rp 1,77 Triliun

Salah satu direktorat di Kementerian Pertahanan Amerika Serikat akan melelang kapal selam siluman terkenalnya Sea Shadow. Kapal selam antiradar ini sudah menghabiskan dana $195 juta (Rp 1,77 triliun) dalam pengembangannya. Meski pelelangannya dibuka pada harga $50 ribu (Rp 455,3 juta) dan butuh uang muka $10 ribu (Rp 91 juta).

The Courier Mail melaporkan bahwa kapal itu jadi populer setelah menginspirasi rumah penjahat James Bond di film "Tomorrow Never Dies".


Kapal selam antiradar senilai $195 juta. (Kementerian Pertahanan AS)

Lelang Kementerian Pertahanan AS dijadwalkan berakhir Kamis ini. Saat ini harga tertinggi untuk kapal selam ini adalah $100 ribu (Rp 910,7 juta)

Sayangnya, sebelum Anda menjadi penjahat James Bond dengan memiliki kapal selam ini, ada satu hal yang harus Anda perhatikan: Kapal selam ini akan dipreteli dan dihancurkan sebelum diberikan ke pemenang lelang.

"Kapal selam bekas Sea Shadow akan dipreteli sepenuhnya dan dihancurkan dalam wilayah Amerika Serikat," tulis penjelasan di situs direktorat Kementerian Pertahanan tersebut. "Dipreteli berarti mengurangi volume properti tersebut sampai tidak memiliki nilai selain materinya."

Kapal selam uji coba sepanjang 49,9 meter ini pertama dibangun pada 1983 oleh Lockheed untuk Angkatan Laut AS. Kapal ini memiliki teknologi antiradar atau siluman yang sama seperti pesawat siluman AS. Meski terlihat ringkih, kapal selam ini memiliki dua pemecah ombak di bawah laut dan dirancang khusus agar tahan menghadapi ombak yang mencapai tinggi 5,4 meter.



Looked good at the time: The Sea Shadow stealth ship was the inspiration behind the vessel in the James Bond movie Tomorrow Never Dies


A pile of junk: The ship was up for grabs, but there were no takers


Just for testing: The highly-expensive Sea Shadow was never meant to carry out missions


Hidden away: In the dry dock in California

0 komentar:

Poskan Komentar