Home » » Rumah Masa Depan Pakai Lantai Sentuh

Rumah Masa Depan Pakai Lantai Sentuh

Rumah Masa Depan Pakai Lantai Sentuh - Rumah cerdas di masa depan akan membutuhkan cara untuk mengetahui siapa serta apa yang dilakukan penghuninya. Salah satu alat untuk mewujudkan hal itu adalah lantai rumah.

 

US patent and Trademark Office baru-baru ini menyetujui paten yang diajukan IBM. Paten itu terkait dengan sistem keamanan yang bisa menjelma lantai sentuh dan mengenali orang yang berdiri di permukaannya.

Lantai sentuh dibuat dengan kemampuan merasakan bentuk dan berat sehingga bisa membedakan orang dewasa, anak-anak dan hewan peliharaan yang berdiri di permukaannya.

Diwartakan Live Science, Senin (9/4/2012), lantai tersebut memiliki database identitas yang bisa mencocokkan berat, bentuk dan jumlah kaki yang berdiri di permukaannya. Ketika merasakan orang tak dikenal, lantai rumah masa depan akan membunyikan alarm atau menghubungi polisi.

Selain bisa mengawasi penyusup dari luar, lantai itu juga dibuat agar orang di dalam rumah bisa saling mengawasi. Hal ini bisa dilakukan karena kemampuannya mengenali kaki setiap orang.

Lantai rumah masa depan tersebut juga bisa mengenali jika orang yang berbaring di permukaannya sedang sakit. Sebuah sensor di dalamnya memungkinkan lantai bisa menganalisa denyut jantung orang tersebut. Jika orang yang berbaring dalam masalah, sistem akan otomatis melakukan panggilan darurat.

Sayangnya masih belum jelas kapan teknologi super canggih seperti ini akan bisa diterapkan. Juru bicara IBM Cristopher Andrew mengatakan pada InnovationNewsDaily, "Paten penemuan terbaru ini bukan bagian dari produk atau solusi. Kami tidak bisa memperkirakan bagaimana implementasinya nanti."

0 komentar:

Poskan Komentar