Home » » Kebiasaan Buruk Yang Merugikan Kesehatan

Kebiasaan Buruk Yang Merugikan Kesehatan

4 Kebiasaan Buruk yang dapat Memotong Umur hingga 12 Tahun - Sekarang ini banyak produk yang berupa krim, ramuan, lotion, dan obat yang menjanjikan untuk membuat Anda tampak lebih muda. Tapi semua barang tersebut tidak akan berguna jika Anda tetap melakukan beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat Anda cepat tua.

 

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine diketahui bahwa ada 4 kebiasaan buruk yang akan mengurangi jangka hidup Anda hingga lebih dari satu dekade lebih cepat dari waktunya yaitu merokok, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang buruk, dan konsumsi alkohol yang tinggi.

"Anda hanya butuh tiga porsi atau lebih buah dan sayuran sehari, olahraga selama 30 menit empat kali seminggu, berhenti merokok, dan menghindari minum minuman beralkohol untuk hidup lebih lama," kata Elisabeth Kvaavik, PhD, ketua penelitian dari University of Oslo di Norwegia.

Dalam studi tersebut, peneliti Norwegia mewawancarai hampir 5.000 orang dewasa di pertengahan tahun 1980-an dan mengumpulkan data tentang olahraga, kebiasaan merokok, dan kecenderungan minum, serta konsumsi buah dan sayuran. Peneliti memantau kelompok tersebut selama 20 tahun, dan selama waktu tersebut 1.080 orang meninggal dengan 431 orang karena penyakit kardiovaskuler, 318 orang karena kanker, dan 331 karena penyebab lainnya.

Di sisi lain, para peneliti menemukan resiko kematian orang yang memiliki keempat kebiasaan buruk tersebut pada dasarnya sama dengan seseorang yang sehat dengan usia 12 tahun lebih tua. Berikut strategi untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut seperti dikutip dari rodale, Senin (30/4/2012) antara lain:

1. Merokok
Sebuah studi menyatakan bahwa orang akan dapat berhenti merokok dengan sendirinya ketika memikirkan imbasnya terhadap kesehatan anggota keluarga dan orang-orang yang Anda sayangi. Setelah Anda menghentikan kebiasaan itu, para ahli menyarankan untuk membersihkan karpet dan furnitur yang mengandung zat kimia beracun dalam catnya dengan menjemurnya di tengah terik matahari untuk membantu memecah beberapa kontaminan berbahaya.

2. Minum minuman beralkohol
Cobalah berkonsultasi kepada terapist yang dapat membantu Anda terbebas dari kecanduan alkohol. Perlahan-lahan tinggalkan kebiasaan minum minuman beralkohol dengan mengurangi dosisnya atau memilih anggur merah organik yang mengandung jumlah yang lebih besar dari phytochemical yang dapat melindungi jantung dan membantu mengatur metabolisme.

3. Pola makan yang buruk
Makanan olahan kadang-kadang memang lebih praktis dan mudah didapat daripada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Tapi sekarang saatnya untuk mulai membuat kebiasaan makan yang sehat dengan mengganti makanan-makanan instan dalam kemasan di kulkas dengan sayur dan buah.

4. Kurangnya aktivitas fisik
Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga memiliki kemampuan-bahkan lebih daripada obat untuk meningkatkan produksi bahan kimia dalam tubuh yang penting untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan menurunkan risiko penyakit kronis. Luangkan waktu Anda untuk berolahraga empat kali seminggu selama 30 menit. (ir/ir)


Sumber :http://health.detik.com/read/2012/04/30/090325/1904500/766/4-kebiasaan-buruk-yang-dapat-memotong-umur-hingga-12-tahun?991104topnews

0 komentar:

Poskan Komentar