Home » » Uniknya Gedung 1000 Pintu

Uniknya Gedung 1000 Pintu

Sebuah karya arsitektural nyeleneh kembali dibuat manusia. Seorang desainer sekaligus seniman asal Korea Selatan Choi Jeong-Hwa membuat bangunan kontemporer berupa gedung unik yang dinamai Gedung 1000 pintu. 

Jika Indonesia mengenal istilah Lawang Sewu, sebuah bangunan kolonial di Semarang, yang mempunyai banyak pintu, bangunan yang dibuat oleh Choi ini jelas berbeda. Ia menggunakan 1000 daun pintu bekas untuk mewujudkan mimpinya akan sebuah gedung unik ini.
Berbagai macam warna pintu ini dirangkai menjadi dinding sebuah gedung dan dibangun tahun 2009 lalu di kota Seoul. Beberapa ahli arsitektural mengkritik pembangunannya karena memperhitungkan aspek keselamatan. Namun Choi meyakinkan bahwa penggunaan pintu-pintu dalam desainnya hanyalah sebagai ornament belaka dan tidak pernah akan membahayakan para pengunjung yang ada di dalam gedung.  


Ia sendiri mengatakan bahwa ide pembuatan gedung unik tersebut dimulai sekitar tahun 1998 lampau. Saat itu ia mengaku kehabisan ide saat menggambar dan memutuskan berjalan-jalan mengelilingi kota. Disaat itu ia mendapati bahwa banyak sekali sampah dan sisa bangunan bekas yang tidak terpakai sehingga muncul niatnya mengaplikasikan ide tersebut menjadi sebuah gedung yang unik. “Saya bukan pelukis yang baik, tapi akhirnya saya memutuskan untuk menjadi orang biasa yang berpiir dirinya adalah seorang artis,” ujar Choi merendah.

Sumber:http://www.infokost.net/review/uniknya-gedung-1000-pintu

0 komentar:

Poskan Komentar