Home » » Ini Dia 6 Tips Liburan di Bawah Terik Mentari

Ini Dia 6 Tips Liburan di Bawah Terik Mentari

Cuaca yang cerah saat musim panas akan melancarkan semua rencana jalan-jalan Anda. Namun banyak juga yang mengeluh karena matahari yang teralu menyengat. Inilah 6 tips liburan lancar saat matahari panas membakar.


Jangan sampai matahari dan udara panas membuat liburan Anda kacau. Ikuti 6 tips liburan lancar saat musim panas yang disusun detikTravel, Rabu (7/3/2012):

1. Bawa selalu air minum

Udara panas akan membuat Anda mudah berkeringat. Jika tidak diperhatikan, bisa-bisa Anda terkena dehidrasi. Anda tentu tidak ingin liburan terhambat karena terkena dehidrasi. Oleh karena itu, bawalah selalu air putih ke mana-mana dan jangan lupa untuk minum setelah berkeringat. Jangan tunggu sampai haus, minumlah sebelum mulut kering.

2. Bawa handuk

Keringat yang terlalu banyak tentu akan mengganggu. Bawalah handuk di dalam tas Anda. Handuk berguna untuk mengelap keringat, melindungi saat matahari langsung dan juga bisa menjadi kompres saat udara terlalu panas.

Anda bisa membasahi handuk dengan air dingin dan jadikan handuk tersebut sebagai alat kompres. Cara tersebut lumayan ampuh untuk mengurangi gerah saat matahari sedang terik.

3. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Panas tentu akan membuat tubuh mudah mengeluarkan keringat. Pilihlah pakaian yang bersahabat dengan udara panas. Cari baju yang ringan dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Baju yang tidak menyerap keringat bisa membuat tubuh ruam karena iritasi.

4. Pakai sunblock dengan benar

Banyak orang mengeluh tetap hitam meski sudah memakai sunblock. Memang losion seperti itu tidak bisa hanya sekali pakai untuk jangka waktu yang lama. Meski waterproof, losion ini harus tetap diaplikasikan ulang secara berkala. Jangka waktu maksimal ketahanan sunblock adalah 4 jam. Setelah 4 jam, Anda harus mengaplikasikan kembali losion di badan.

5. Bawa kacamata hitam dan topi

Bukan sekadar gaya, kacamata hitam dan topi bisa melindungi wajah dan mata dari cahaya matahari yang berlebihan. Apalagi di pantai, pantulan cahaya dari air sering membuat pusing. Gunakan kacamata hitam saat matahari sedang bersinar terlalu terik. Gunakan juga topi saat sedang terik agar kepala bisa terlindungi dengan baik.

6. Sedia payung

Ternyata, payung tidak hanya berguna saat musim hujan tapi juga saat musim panas. Saat Anda sedang tidak ingin terkena sinar matahari, maka payung adalah barang yang tidak boleh tertinggal. Anda tentu butuh pelindung selain topi saat jalan-jalan saat siang hari. (Detik.Com)

0 komentar:

Posting Komentar