Home » » Google Manfaatkan Air Limbah Toilet untuk Turunkan Suhu Server

Google Manfaatkan Air Limbah Toilet untuk Turunkan Suhu Server

Google selalu punya cara unik untuk menyelamatkan Bumi. Untuk memangkas ongkos energi Google menggunakan pipa yang dicat berwarna-warni mewakili warna di logo Google. Anda tahu apa isi pipa-pipa itu? Limbah rumah tangga atau toilet!

Fungsi dari air limbah dalam pipa tersebut adalah untuk menurunkan suhu server Google yang ada di data center Douglas County, Georgia. Teori penurunan suhu ini bisa dipahami dengan mudah. Saat server telah turun pada temperatur normal maka air akan dikirim ke sebuah area perawatan khusus yang dibuat Google. Di situ air akan melalui proses penjernihan lebih lanjut sebelum dikirim ke sungai Chattahoochee.

Di tahun 2007 saat Google membuka data center super besar di Douglas County, Google menggunakan air bersih seperti yang dipakai keperluan rumah tangga untuk menurunkan suhu server. Kini setelah sekian tahun Google membuat perubahan lebih berarti dengan memanfaatkan air limbah dibanding harus menggunakan air bersih. Selain itu Google juga  membantu menjernihkan air yang telah dipakainya sebelum dialirkan ke sungai Chattahoochee untuk kembali digunakan sebagai air minum.

Singkat kata, saat penduduk Douglas County mandi atau flushing air di toilet, maka secara tidak langsung mereka membantu menurunkan suhu server milik Google. Menarik, bukan?

Sumber:http://gadget.gopego.com/full/2012/03/google-manfaatkan-air-limbah-toilet-untuk-turunkan-suhu-server