Home » » Cara Hidup Hemat

Cara Hidup Hemat

Tips Hidup Hemat adalah dambaan semua. Cara Hidup Hemat merupakan Trik Hidup Hemat bukan berarti pelit. Tips Hidup Hemat ini sering digunakan orang2 untuk menabung. Karena pendapatan belum mesti lancar setiap hari maka dari itu tips ini bisa digunakan agar tidak mudah kehabisan modal. 


Kebanyakan orang-orang mengatakan hidup hemat merupakan hidup pelit. Eiiitttt... Saya ingin meluruskan, bukan berarti hemat itu pelit karena hemat dalam hal ini adalah menyisipkan pendapatan sekecil apapun untuk keperluan yang lain. Hehehehe..

Berikut Tips Hidup Hemat :

1. Buat daftar kebutuhan yang diperlukan dalam sebulan
Ingat bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tujuan membuat daftar ini adalah untuk mengukur kemampuan kita dalam memenuhinya (menghitung pendapatan dan pengeluaran)

2. Cari barang dengan kualitas sama tetapi harga lebih murah
Biasanya barang-barang ini tergantung merk dagang dan tempat penjualannya. Jadi agar lebih hemat untuk barang-barang tertentu belilah di pasar tradisional jangan di supermarket.

3. Subtitusi barang dengan manfaat yang sama
Kadang ada barang yang bisa digunakan untuk menggantikan barang lain yang harganya lebih mahal, namun di sini barang penggantinya harus memiliki fungsi dan manfaat yang sama dengan barang yang digantikan, misalnya saja singkong menggantikan beras, tempe tahu menggantikan daging, dll.

4.Mengelola Sendiri
Gak semua barang harus dibeli kadang kita bisa membuatnya atau mengelolanya sendiri selain lebih murah bisa dapat dalam jumlah besar, sedangkan kalau untuk makanana, selain murah juga lebih bersih, ibaratnya manfaatkan bakat atau waktu yang ada untuk membuat hal yang sebelumnya dibeli (gak usah beli, bikin sendiri).

5. Sekali-kali makan enak boleh
Sapa bilang berhemat berarti tidak merasakan “kemewahan”. Kita tetap bisa memiliki atau membeli barang atau makanan enak dalam satu jangka waktu misalnya 2 minggu sekali atau sebulan sekali, hanya saja tetap perhatikan pengeluaran jangan sampai terjadi pemborosan.

Lima cara di atas bisa anda gunakan untuk mengontrol pengeluaran anda. Tips ini sangat bermanfaat untuk anda. Semoga anda bisa melakukannya dengan baik.

Sumber:kerangrebus.com

0 komentar:

Poskan Komentar