Home » » Malaria Membunuh Dua Kali Lebih Banyak dari yang Diperkirakan Sebelumnya

Malaria Membunuh Dua Kali Lebih Banyak dari yang Diperkirakan Sebelumnya

Menurut sebuah penelitian baru, Malaria ternyata membunuh lebih dari 1,2 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya, hampir dua kali lebih banyak dari jumlah yang diperkirakan sebelumnya.



Studi terdahulu telah mengabaikan ratusan ribu kematian karena mereka telah salah menduga tentang banyakya bayi yang tewas karena malaria dan temuan mereka pada balita, menurut studi oleh Institut Kesehatan Metrik dan Evaluasi (IHME) di Amerika Serikat.




Penelitian baru yang dipublikasikan dalam jurnal medis The Lancet, menemukan bahwa 42 persen kematian sebenarnya terjadi pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.

Jumlah korban yang sangat tinggi ini menunjukkan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan dana dalam peperangan melawan malaria, bahkan ketika pemerintah berada di bawah tekanan untuk memotong anggaran bantuan mereka di tengah krisis ekonomi global, kata para peneliti.

“Anda belajar di sekolah kedokteran bahwa orang terkena malaria saat anak-anak mengembangkan kekebalan terhadap penyakit tersebut dan jarang meninggal karena malaria saat menjadi dewasa. Namun apa yang kami temukan dalam catatan rumah sakit, catatan kematian, survei dan sumber menunjukkan bahwa hal ini tidak terjadi.” jelas Christopher Murray, yang memimpin penelitian sebagai Direktur IHME.

Mereka menggunakan data baru dan model komputer untuk membangun database historis untuk malaria antara tahun 1980 dan 2010, dan mereka menemukan bahwa lebih dari 78.000 anak usia lima sampai 14 tahun, dan lebih dari 445.000 orang berusia diatas 15 tahun meninggal karena malaria di 2010.

Studi ini menemukan, secara keseluruhan kematian malaria di seluruh dunia meningkat dari 995.000 pada tahun 1980 ke puncaknya pada tahun 2004 yaitu 1,8 juta, sebelum kembali turun menjadi 1,2 juta pada tahun 2010.

Dikutip dari Reuters, menurut laporan WHO terbaru, perkiraan jumlah kematian malaria turun menjadi 655.000 kasus pada tahun 2010, hampir setengah jumlah dalam studi IHME.



sumber:http://www.berita.manadotoday.com/malaria-membunuh-dua-kali-lebih-banyak-dari-yang-diperkirakan-sebelumnya/14679.html

0 komentar:

Posting Komentar