Home » » Cukup 15 Menit Olahraga Pagi, Senyum Hadir Sepanjang Hari

Cukup 15 Menit Olahraga Pagi, Senyum Hadir Sepanjang Hari

Jakarta, Banyak orang bosan berolahraga karena tak sabar menunggu hingga manfaat jangka panjangnya terasa. Padahal ada juga manfaat jangka pendek yang bisa langsung dirasakan, semisal memperbaiki mood sehingga bisa tersenyum sepanjang hari.


Sebuah penelitian di Pennsylvania State University menunjukkan, olahraga rutin selama 15 menit tiap pagi bisa meningkatkan mood atau suasana hati yang positif. Pikiran menjadi lebih jernih, sehingga wajah akan tampak lebih cerah dan selalu dihiasi senyum manis.

Manfaat jangka pendek ini seringkali terabaikan, karena orang-orang cenderung berolahraga untuk mendapatkan manfaat jangka panjang yang memang tidak bisa langsung dirasakan. Misalnya untuk menurunkan berat badan, memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan kekuatan otot.

Akibatnya saat tidak bisa langsung merasakan manfaat jangka panjang yang menjadi tujuan utama berolahraga, orang-orang cenderung bosan lalu berhenti. Olahraga pagi mulai ditinggalkan, karena banyak yang putus asa dan menganggap kebiasaan baik ini tidak ada manfaatnya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sport and Exercise Psychology ini, 190 orang mahasiswa diamati aktivitas fisiknya sehari-hari termasuk kebiasaan olahraga pada pagi hari. Selain itu, para partisipan juga diamati mood atau suasana hatinya.

Hasil pengamatan menunjukkan, kebiasaan olahraga mempengaruhi suasana hati sepanjang hari. Makin banyak melakukan olahraga rutin, makin bagus pula manfaatnya dalam meningkatkan pikiran-pikiran positif seperti rasa bersyukur, bahagia dan makin percaya diri.

Dugaan para peneliti, olahraga bisa mengubah suasana hati dengan cara memicu perubahan komposisi kimiawi di otak. Seperti dikutip dari Menshealth.com, Minggu (19/2/2012), perubahan itu terjadi tanpa harus melakukan olahraga berat seperti lari marathon melainkan cukup dengan olahraga ringan selama 15 menit secara rutin setiap hari. (Detik.Com)

0 komentar:

Poskan Komentar