Home » » Ciri Orang Kreatif, Kalau lagi Menelfon Pakai Telinga Kiri

Ciri Orang Kreatif, Kalau lagi Menelfon Pakai Telinga Kiri

Jakarta, Dominasi otak kanan dibanding otak kiri membuat seseorang cenderung bisa berpikir lebih kreatif. Terlepas dari kidal atau tidak, penelitian membuktikan orang yang otak kanannya dominan lebih sering memegang telepon dengan tangan kiri.


Hubungan antara dominasi otak pada sisi tertentu dengan kecenderungan dalam memegang ponsel terungkap dalam sebuah penelitian di Henry Ford Hospital. Dalam penelitian itu, para ilmuwan mengamati 5.000 orang meski hanya 700 yang datanya bisa diolah.

Dari sekian banyak partisipan, 90 persen di antaranya memiliki tangan kanan yang lebih dominan atau dengan kata lain tidak kidal. Sebanyak 9 persen adalah kidal, sedangkan sisanya 1 persen labil, kadang-kadang kidal tapi kadang-kadang tidak.

Pada partisipan yang tidak kidal, 68 lebih sering menelepon dengan tangan kanan, 25 persen dengan tangan kiri dan 7 persen tidak konsisten. Sedangkan pada kelompok kidal, 72 persen memakai tangan kiri untuk telepon, 23 persen dengan tangan kanan dan 5 persen labil.

Saat dibandingkan dengan hasil pemindaian otak, partisipan yang memegang telepon dengan tangan kiri memiliki aktivitas yang lebih tinggi di otak kanan yang merupakan pusat kreativitas. Kecenderungan ini teramati baik pada kelompok kidal maupun yang tidak kidal.

Sebaliknya pada partisipan yang lebih sering memegang ponsel dengan tangan kanan, aktivitas otak kirinya lebih dominan dibandingkan otak kanan. Dilihat dari fungsinya, otak kiri lebih dominan mengatir kemampuan berbahasa dan berbicara, berlogika dan berpikir sistematis.

Kecenderungan ini cocok pada lebih dari 70 persen partisipan, tanpa mempedulikan apakah dalam kesehariannya kidal atau tidak.

"Temuan ini berdampak pada cara memetakan pusat kemampuan berbahasa di otak. Daripada pakai metode yang rumit, mungkin cukup dilihat dari caranya memegang ponsel," kata Michael Seidman, MD, FACS yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Jumat (24/2/2012).

Manfaat lain yang bisa diambil dari temuan ini menurut Dr Seidman adalah, para dokter bisa memperkirakan bagian otak manakah yang lebih rentan terserang kanker. Penggunaan telepon seluler (ponsel) disebut-sebut memicu kanker otak, sehingga berdasarkan hasil penelitian ini maka orang kreatif lebih rentan kena kanker di bagian otak kanan karena sering memegang ponsel di telinga kiri. (Detik.Com)

0 komentar:

Poskan Komentar