Home » » Muntah 50 Kali Sehari, Gadis 15 Tahun Ingin Punya Perut Bionik

Muntah 50 Kali Sehari, Gadis 15 Tahun Ingin Punya Perut Bionik

Jakarta, Seorang gadis di Inggris terserang penyakit yang melumpuhkan dan menyebabkan dia muntah sebanyak 50 kali dalam sehari. Gadis yang masih berusia sekolah ini berharap dapat memperoleh 'perut bionik' yang dapat mencegahnya mati kelaparan.

Danielle Goodridge yang kini menginjak usia 15 tahun, harus merelakan hidupnya terkungkung selama hampir setahun akibat penyakit Gastroparesis yang menyebabkan dia memuntahkan semua benda yang masuk dalam perutnya.

Dalam upaya untuk mengembalikan hidupnya menjadi normal, keluarga Danielle telah meluncurkan kampanye penggalangan dana untuk membiayai operasi Danielle.

Penyakit Danielle ini menelan biaya sebesar 22.000 poundsterling (sekitar Rp 310 juta) untuk membeli alat pacu lambung yang akan dimasukkan dalam tubuh, dan biaya perawatan setelah operasi. Sebuah perangkat yang dipasang di dalam perut ini akan menghentikan Danielle memuntahkan kembali makanan dan minuman yang telah ia telan.

"Ini kondisi yang sangat langka. Tak banyak yang diketahui tentang hal ini. Semuanya yang dia makan, semua yang dia minum, bahkan obat-obatan, akan terpental dari perutnya," kata Nikky Goodridge, ibu Danielle.

Awalnya ia mengira Danielle sakit biasa. Karena sering memuntahkan kembali makanannya dan karena posturnya yang kecil, Danielle diganggu oleh anak yang lebih besar di sekolah. Dia berjuang membujuk teman-temannya bahwa dia tidak menderita gangguan makan.

Orangtuanya menghubungi dokter setempat yang juga mengira dia mengalami sakit perut, tapi keesokan harinya ia dilarikan ke rumah sakit setelah memuntahkan semua makanannya selama hampir seminggu.

Petugas medis awalnya bingung oleh kondisi yang tidak biasa ini. Setelah puluhan kunjungan ke rumah sakit ternama di Inggris, petugas medis mengatakan bahwa dia mungkin membutuhkan tabung makanan yang dipasang langsung ke ususnya secara permanen.

Namun setelah menjelajahi internet, gadis ini menemukan gejala lain dalam penyakitnya dan mirip dengan diagnosis Gastroparesis atau kelumpuhan perut, penyakit yang biasanya berkaitan dengan gangguan diabetes. Akibatnya, sejak Januari 2011 lalu, Danielle tetap berada dalam keadaan lapar dan dehidrasi serta berisiko mengalami gagal jantung.

"Kadar potasium saya sangat rendah sehingga saya terus menerus mematikan dan menyalakan alat pemantau jantung dan meneteskan potasium untuk mencegah gagal jantung. Beberapa hari ini saya bahkan tidak punya tenaga untuk bangun dari tempat tidur," kata Danielle seperti dilansir Daily Mail, Rabu (18/1/2012).

Dia berharap alat pacu lambung tersebut akan membantunya mengatasi gejala-gejala yang melemahkan ini. Tapi, ia juga menyadari bahwa alat itu tidak akan menyembuhkan sepenuhnya.

Operasi ini sebagian ditalangi oleh NHS, lembaga jaminan kesehatan masyarakat di Inggris, tetapi keluarganya Danielle khawatir jika tidak mendapat izin dalam pengurusan prosedur, proses yang diperlukan dapat menjadi terlalu lama.

Dalam situs yang dibuat untuk penggalangan dana, Danielle mengatakan bahwa ia mungkin tidak punya banyak waktu. Pada minggu pertama sejak diluncurkan, kampanye ini berhasil mengumpulkan dana lebih dari 3.200 poundsterling (sekitar Rp 45 juta). (pah/ir) 



















Sumber:http://us.detikhealth.com/read/2012/01/18/152719/1819025/1202/muntah-50-kali-sehari-gadis-15-tahun-ingin-punya-perut-bionik?l1102755

0 komentar:

Posting Komentar