Home » » Bus Sumber Kencono Termaut se-Jawa Timur

Bus Sumber Kencono Termaut se-Jawa Timur

Total, 36 orang yang tewas akibat kecelakaan bus Sumber Kencono sepanjang 2011
Perusahaan Otobus (PO) asal Sidoarjo, Sumber Kencono, menempati peringkat pertama daftar kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur selama 2011. Bus berwana silver biru metalik itu terlibat kecelakaan sebanyak 21 kali di berbagai wilayah di Jatim dan merenggut 36 jiwa.


Menurut Dinas Perhubungan dan Lalu-Lintas Jalan (LLAJ) Jatim, Sumber Kencono dan PO AKAS merupakan bus yang paling sering mengalami kecelakaan, keduanya sama-sama mengalami 21 kali kecelakaan. Namun, jumlah jiwa yang meninggal akibat kecelakaan Sumber Kencono paling tinggi, yakni 36 orang meninggal, 10 luka berat dan 42 luka ringan.

Sedangkan PO AKAS, dari 21 kecelakaan berakibat 14 orang meninggal, enam luka berat dan 14 orang luka ringan. Kemudian Bus Pariwisata menempati peringkat ketiga. Dari 18 kejadian, enam orang meninggal, delapan luka berat dan 20 luka ringan.

Sementara PO Mira dan Restu menempati peringkat keempat dan kelima. Yakni, sama-sama terlibat 14 kali kecelakaan. Laka lantas PO Mira menelan enam korban jiwa, enam luka berat dan 15 orang luka ringan. PO Restu merenggut enam jiwa meningal, satu luka berat dan sembilan luka ringan.

"Kecelakaan bus Sumber Kencono sering terjadi di Jatim. Jumlah korban akibat kecelaan juga paling tinggi," kata Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jatim, kemarin.

LLAJ Jatim mengaku, meski sudah melakukan pembinaan kepada pengemudi, namun kecelakaan tidak bisa dihindari. Ini juga membuat Gubernur dan DPRD Jatim ikut prihatin.

Peristiwa kecelakaan terbaru, bus Sumber Kencono terlibat melawan sepeda motor di Jalan Raya Desa Jeruk Gulung, Kecematan Balerejo, Kabupeten Madiun, Mingu malam 1 Januari 2012. Di peristiwa itu, enam orang tewas, lima luka berat dan 18 luka ringan. (ren)








Sumber:http://nasional.vivanews.com/news/read/277713-2011--bus-sumber-kencono-juara-korban-jiwa?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook

0 komentar:

Poskan Komentar